[Psychology Study Corner]

Teman-teman ada yang tahu foot in the door?? Foot in the door jika diterjemahin “kaki di pintu”. Bener ngga sih itu maksudnya?? Tentu saja tidak

Jadi apa itu foot in the door??

Foot in the door merupakan salah satu strategi dari complience (kepatuhan). Teknik foot in the door adalah cara untuk dapat membuat orang lain memenuhi permintaan yang cukup besar dengan memulai permintaan yang cukup kecil. Yang mana apabila diawali dengan permintaan yang lebih kecil orang lain akan dapat dengan mudah  menerimanya. (Suryanto, dkk., 2012)
 Ketika kepatuhan dengan permintaan yang lebih kecil diikuti oleh permintaan yang lebih besar, orang kemungkinan besar akan mematuhinya karena mereka telah menyetujui permintaan yang lebih kecil dan mereka ingin berperilaku konsisten dengan respons mereka sebelumnya (Cialdini et al., 1995; Dillard, 1990, 1991; Freedman & Fraser, 1966; Meineri & Guéguen, 2008. Ciccareli 2011).
Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang menerima permintaan dari seseorang yang menggunakan teori foot in the door ini adalah sesuai dengan teori persepsi diri (self perception theory) seseorang akan mengambil sikap dengan mengadopsi bayangan bahwa dirinya adalah orang yang baik yang secara umum kooperatif apabila didekati dengan satu permintaan. Dan jika dihadapkan pada permintaan yang lebih besar berusaha merespon dengan cara yang sesuai agar dapat mempertahankan citra diri yang sudah terbentuk. (Suryanto, dkk., 2012)

Contoh ketika temen kamu sedang tidak paham terhadap sesuatu matapelajaran lalu ia bertanya kepada kamu tentang hal tersebut, lalu kamu membantu menjelaskannya kepada ia karena kamu mengangap hal tersebut adalah hal yang mudah. Setelah kamu menjelaskannya lalu temen kamu meminta tolong lagi mencatatkan apa apa kamu pahami kecatatannya, jika kamu menurutinya maka temen kamu sudah melakukan foot in the door.

----------------------------

HIMA PRODI PSIKOLOGI KM FK UNAND
#DepartemenPendpro
#KabinetDivergent
2019/2020


Comments