Hima Psikologi Universitas Andalas Sempatkan kunjungi Psikologi Universitas Negeri Padang


Pada Kamis, 5 Juni 2013 lalu di sela-sela libur tenang  menuju Ujian Akhir Semester (UAS) Badan Pengurus  HIMA Psikologi (Himapsi) Universitas Andalas menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kota Wisata Bukittinggi, perjalanan ini bukan tanpa alasan, maksud  kunjungan keluar kota ini untuk menjalin silaturrahmi dengan  HIMA  Psikologi yang berada di Universitas Negeri Padang (UNP).
                Perlu diketahui Psikologi UNP merupakan program studi yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Pendidikan, telah berdiri sejak tahun 2005 tepatnya pada tanggal 13 Juni, saat ini kampusnya terletak di Jl. Batang Masang, Belakang Balok, Bukittinggi, Sumatera Barat, terpisah dengan kampus utama UNP yang terletak di daerah Air Tawar, Padang. Meskipun terletak jauh dari Kampus utama segala aktivitas tetap berlangsung lancar dan baik di kampus V ini.
                Acara kunjungan ini sendiri merupakan salah satu bentuk realisasi program kerja dari Departemen Eksternal HIMA Psikologi UNAND  , meskipun perjalanan sempat tertunda karena diguyur hujan, semangat para pengurus yang ingin berkunjung tidak pudar dibuktikan dengan berkesempatannya 27 orang pengurus yang ikut yakni Presidium yang terdiri dari Inti, Koordinator masing-masing Departemen dan Anggota. Selaku koordinator dari Departemen Eksternal, Ocky Fajzar Suryani mengungkapkan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Departemen Eksternal HIMA Psikologi Unand ke HIMA Psikologi UNP pada kepengurusan ini, hal ini bertujuan untuk lebih menjalin keteriktan silaturrahmi antar kami, selain itu juga sebagai ajang untuk sharing atau saling berbagi pengalaman.
                Setibanya di Kampus V UNP, BP Hima Psikologi disambut langsung oleh Yulianto Hadi Pramono selaku Ketua HIMA Psikologi UNP untuk masa jabatan 2014/2015. “Selamat datang dan ucapan terimakasih untuk teman-teman dari Unand yang telah menyempatkan waktunya untuk mengunjungi kami jauh-jauh kesini “ ucap mahasiswa yang kerap di panggil Pram ini. Selanjutnya diskusipun berlangsung setelah digiringnya seluruh BP Hima Psikologi menuju sebuah ruangan, acara diskusi dan temu ramah ini tentunya juga dihadiri oleh pengurus himapsi UNP yang saat itu berkesempatan hadir sebanyak 15 orang. 
Diskusi antara Himpsi Unand dengan Himapsi UNP

Acara dimulai dengan dibukanya acara oleh moderator yaitu Mega Sari selaku Sekretaris dari Himapsi Unand lalu dilanjutkan dengan perkenalan masingmasing anggota antar badan pengurus Hima yang berkesempatan hadir. Sekitar pukul 15.00 diskusi pun dimulai, diawali dengan pembacaan program kerja dari masing-masing Departemen antar Hima. “Hima Psikologi UNP sendiri saat ini terdiri atas lima Departemen yakni, Depatemen Kesejahteraan dan Humas, Departemen Kaderisasi, Departemen Profesi dan Keilmiahan, Departemen Pengembangan minat dan Bakat dan yang terakhir Departemen Kerohanian. Dan saat ini pengurus yang berperan aktif ada sebanyak 25 orang” tutur perwakilan dari Himapsi UNP.
                Diskusi terus berlanjut hinggar akhirnya sampai pada sesi tanya jawab, Faishal Aulia Darmawan yang merupakan Ketua Himapsi Unand tidak melewatkan kesempatan untuk bertanya untuk mengetahui lebih banyak mengenai Himapsi UNP dan Psikologi UNP itu sendiri, “pada kesempatan kali ini banyak sekali yang ingin saya tanyakan terutama mengenai sitem belajar disini dan bagaimana peran fungsi dari Hima nya bagi para mahasiswa Psikologi itu sendiri” ujar Faisal. Untuk sistem perkuliahan, Psikologi UNP menerapkan cara belajar yang tidak jauh beda dengan proses balajar di Universitas yang ada pada saat ini yaitu Student Center Learning, diamana peran aktif dari mahasiswa lah yang lebih dituntut dalam proses pembelajaran.
                Psikologi UNP sangat terkenal dengan RAP Jurnalnya, RAP Jurnal UNP ini sendiri merupakan singkatan dari Jurnal Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang   adalah jurnal psikologi pertama di Sumatera Barat. Jurnal ini merupakan sebuah media komunikasi akademik ilmiah sebagai wadah untuk memperkenalkan Program Studi Psikologi UNP ke tengah masyarakat melalui berbagai kajian ilmiah terkait dengan isu-isu menyangkut psikologi / perilaku individu, komunitas maupun masyarakat dan hasil penelitian ilmiah bidang psikologi.
                Diakhir acara rombongan dari Unand berkesempatan diajak untuk melihat Laboratorium Psikologi UNP, ada dua laboratorium yang dikunjungi yakni Laboratorium Individual dan Klasikal. Di akhir acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari Himapsi Unand kepada Himapsi UNP yang diberikan dan diterima langsung oleh Ketua Hima masing-masing, dan diakhiri dengan foto bersama.
 
Foto Bersama

Comments