Temu KESMA BEM UNAND

Hai para blogwalkers dan salam pramuka!
Kemarin pada tanggal 25 November 2013 telah berlangsung acara temu Kesma BEM Unand untuk membahas kesejahteraan" mahasiswa di kampus psikologi Unand.
berikut merupakan poin" dari acara Temu Kesma BEM Unand:
1. Advokasi Bus Kampus

Hiduik Sagan Mati Ndak Namuah

Rektor Universitas Andalas, DR.H.Werry Darta Taifur berkali-kali sudah mengatakan bahwa sanya keberadaan Bus Kampus tidak lain hanyalah sebagai beban Universitas dan bukan menjadi kewajiban apalagi prioritas dalam pengadaanya. Wacana untuk 'mengakhiri' keberadaan Bus Kampus pun telah menjadi pembicaraan lama para atasan. Terakhir dalam kesempatan jamuan makan malam bersama para finalis Unand Award X yang diadakan BEM KM Unand bersama Pimpinan, 'Ayahanda' kembali mempertegas poin bahwa dengan adanya Bus Kampus selama ini, dan bahkan hingga musim UKT diterapkan telah mengerunyutkan dahi para pemikir anggaran Universitas. Berapa banyak biaya yang dikeluarkan dalam perawatan dan pengadaan, seharusnya penyelenggaran transportasi menjadi tanggung jawab pemerintah. Hanya saja karena ketidakberdayaan untuk pengadaan transportasi ke Unand dikalkulasikan dengan tingkat kebutuhan mahasiswa serta memperhitungkan trayek dan intensitas mobilisasi di jam perkuliahan maka urgensi Bus Kampus menjadi ujung tombak transportasi mahasiswa. Begitu pula dalam kebutuhanya untuk menopang aktivitas perjalanan luar kota yang kerap dilakukan, seperti perjalanan KKN, kegiatan organisasi pun atau kunjungan kemahasiswaan.

Sejatinya desakan pengadaan Bus Kampus turut dilatar belakangi pula oleh insiden sejarah kala itu pada tahun 2003 (kalau tidak salah menurut Rektor) terjadi persengketaan antara Warga Limau Manis dengan Universitas perihal transportasi kampus yang berujung pada pemblokiran jalan dan pengulingan bus secara anarkis oleh oknum yang berujung pada dirugikanya aktivitas mobilisasi mahasiswa. Lalu sekarang ? Sebagaimana catatan terlampir, mari coba Kita diskusikan dengan bertanggung jawab dan penuh gagasan "Universitas Andalas Tanpa Bus Kampus"
Selamat (kan) Bus Kampus ATAU Selamat (jalan) Bus Kampus ... ?



2. Pembahasan UKT

Semua Bisa Kuliah

Oleh : Muhammad Taufik (MenKesMMa KM Unand)

Alhamdulillah. Dalam kesempatan dialog siang ini 13/11 dengan cara yang sangat baik dan bersahabat bersama Wakil Rektor I Unand, Prof.Febrin Anas Ismail, kembali menyatakan sikap bahwa "Tidak Ada Mahasiswa Yang Tidak Bisa Kuliah 'Hanya' Karena Alasan Finansial"

Diskusi fokus dengan suasana keakraban yang coba dibangun dalam sinergisitas selama ini melalui pelbagai perjuangan dan tantangan dapat Kami ( BEM KM UNAND Kabinet Solid dan Responsif ) Laporkan kepada Rekan-Rekan Mahasiswa poin-poin sebagai berikut:
1. Hasil Survey lapangan sementara ini terhadap UKT 2013 Unand menunjukan bahwa 'memang' pada kenyataanya begitu banyak mahasiswa yang 'Sangat Pantas' diturunkan levelnya. Lebih dari hingga 50% secara faktual nyata pantas untuk mendapat penurunan level
2. Bagi Mahasiswa yang belum disurvei dan/atau tidak bisa rasa-rasanya membayar Uang Kuliah kedepanya, kembali ke Prinsip Umum "Tidak Ada Mahasiswa Yang Tidak Bisa Kuliah 'Hanya' Karena Alasan Finansial". Terjawab sudah. Mengenai bagaimana caranya akan diupayakan via beasiswa, penangguhan dan lain hal secara saksama
3. Upaya Preventif kedepanya tetap perlu dilakukan, namun jamak dipahami penerapan UKT tahun ini sebagai tahun pertama transisi perubahan mekanisme pembayaran Uang Kuliah disadari dengan baik pasti akan menimbulkan'riak-riak' dalam pelaksanaanya. Sebagai bentuk proses pendewasaan dalam berformula untuk mencapai keadilan dalam perkuliahan dan pembayaran maka kedepanya teknis dan evaluasi bersama Kita akan senantiasa kawal serta upayakan.
4. Dana BOPTN yang tengah diperjuangan tahun depan diharapkan sedikit banyak mampu menjawab permasalahan dan mengurangi 'riak-riak' tersebut hingga kemapanan dalam penyelenggaraan UKT dapat tercapai. Butuh proses memang, kebermanfaatan UKT diharapkan secepatnya dapat dirasakan.

Kami mohon maaf atas segala kelalaian dalam perjuangan. Sebagai Lembaga yang telah diberikan mandat oleh lebih dari 25.000 Mahasiswa Unand, tetap Kita bersatu, saling bersinergi dan mengevaluasi segala yang terjadi sebagai bahagian dari dinamika iklim pergerakan kemahasiswaan Kampus guna lebih solit dan responsif untuk bangsa, negara dan Islam kedepanya.

Hidup Mahasiswa !
berikut merupakan poin" dari Hasil Temu Kesma HIMA Psikologi Unand dengan BEM unand. terus perjuangkan kesejahteraan kami Kesma!!! Yeahhh!!!

Comments