Kunjungan Kerja HIMA Prodi Psikologi FK Unand ke PEMA Fakultas Psikologi USU




Di sela-sela libur panjang menjelang akhir tahun 2014, HIMA Psikologi KM FK Unand menyempatkan diri berkunjung ke kota Medan. Perjalanan ini bukan tanpa alasan, yaitu untuk menjalin silaturahmi dengan Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Kunjungan ini telah berlangsung pada Senin, 29 Desember 2014 yang lalu, dari pukul 11.00 wib hingga pukul 13.30 wib.

Kedatangan HIMA Psikologi KM FK Unand disambut dengan hangat oleh Gubernur Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Psikologi USU, Bambang Irianto. Selanjutnya kunjungan diisi dengan perkenalan dan diskusi yang dimoderatori oleh Mega Sari selaku Sekretaris HIMA Psikologi KM FK Unand.

Dari hasil diskusi, diketahui Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Psikologi USU terdiri atas seorang gubernur, seorang wakil gubernur, seorang sekretaris dengan seorang anggota, dan seorang bendahara umum. Selanjutnya terdapat 6 bidang, dengan 3 atau 4 orang anggota setiap bidangnya, sehingga terdapat 36 pengurus Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Psikologi USU. Bidang-bidang yang terdapat di Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Psikologi USU antara lain, Bidang Unit Mahasiswa (mirip dengan Biro Dana dan Usaha di HIMA Psikologi KM FK Unand), Bidang Penelitian Pendidikan Pelatihan (mirip dengan gabungan Departemen PSDMO dan Pendpro di HIMA Psikologi KM FK Unand), Bidang Pengabdian Masyarakat, Bidang Olahraga Minat Bakat, Bidang Jurnalistik dan Bidang Kesekretariatan.


Mengenai perkuliahan, terdapat beberapa hal yang unik jika dibandingkan dengan sistem di Prodi Psikologi FK Unand. Di Fakultas Psikologi USU, telah terdapat Pendidikan untuk S1 dan S2. Mereka telah memiliki labor yang cukup lengkap dengan one way screen nya, serta telah terdapat LPT Psikologi yang mempunyai ruang konsultasi, ruang tunggu, dan fasilitas lainnya. Telah banyak masyarakat yang berkonsultasi dengan Dosen dan Mahasiswa Psikologi USU. Mengenai laboratorium, mereka tidak memakai asisten labor dari tenaga mahasiswa, tapi labor langsung dibawahi oleh Dosen dan Pegawai disana. Untuk masuk ke Laboratorium di Psikologi USU, hanya boleh saat jadwal mata kuliah tersebut. Berbeda dengan Prodi Psikologi FK Unand yang mahasiswa boleh mengunjungi labor di luar jadwal mata kuliah.

“Sambutan yang sangat baik dari teman-teman Psikologi USU, padahal sekarang sedang libur. Teman-teman Psikologi USU juga sangat antusias untuk berdiskusi dengan kita teman-teman Psikologi Unand. Semoga kedepannya silaturahmi ini akan terus terjalin dan kerja sama kita semakin baik”, ujar Faishal Aulia Darmawan, Ketua HIMA Prodi Psikologi KM FK Unand. (Tri Indah Handayani, 2014)


Comments