Kunjungan Kerja HIMA Prodi Psikologi FK Unand ke HIMA Psikologi Bina Nusantara





Walaupun libur, HIMA Psikologi KM FK Unand terus berusaha mengembangkan sayapnya. Setelah sebelumnya HIMA Psikologi KM FK Unand berkunjung ke Pemerintahan Mahasiswa Psikologi Universitas Sumatera Utara dan HMJ Psikologi Universitas Jakarta, pada hari Kamis, 8 Januari 2015 lalu HIMA Psikologi KM FK Unand kembali menyempatkan diri berkunjung ke Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas  Bina Nusantara (Binus University). Kunjungan kerja berlangsung sekitar pukul 13.15 wib hingga pukul 16.50 wib.

Kedatangan HIMA Psikologi KM FK Unand disambut dengan hangat oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Bina Nusantara (selanjutnya disingkat dengan HIMPSIKO Binus), Najmuddin Somadi. Selanjutnya kunjungan diisi dengan perkenalan dan diskusi yang dimoderatori oleh Steffi Alicia selaku Bendahara Umum HIMA Psikologi KM FK Unand.

Dari hasil diskusi, diketahui HIMPSIKO Binus terdiri atas seorang ketua, seorang wakil ketua, seorang sekretaris umum, dan seorang bendahara umum. Selanjutnya terdapat 5 departemen, yang terdiri dari kepala departemen, wakil kepala departemen dan beberapa staff departemen. Departemen-departemen yang terdapat di HIMPSIKO Binus antara lain, Badan pengembangan organisasi dan kemasyarakatan, Badan Pendidikan dan Kajian Keilmuan, Badan Informasi dan Komunikasi, Badan Kewirausahaan, Serta Badan Kreativitas, Seni, Dan Olahraga. Berbeda dengan HIMA Psikologi KM FK Unand, program kerja pada Badan Informasi dan Komunikasi di HIMPSIKO Binus lebih mirip dengan program kerja Departemen Eksternal di HIMA Psikologi KM FK Unand.

Visi dari HIMPSIKO Binus yaitu mewujudkan HIMPSIKO sebagai wadah aspirasi dan sarana peningkatan kompetensi psytroopers. Sedangkan misi HIMPSIKO Binus diantaranya; berperan sebagai sarana peningkatan keaktifan mahasiswa dalam mengembangkan  prestasi  dibidang akademis dan non akademis; HIMPSIKO sebagai fasilitas mahasiswa psikologi dalam berkontribusi terhadap lingkung sosial, terutama pengabdian masyarakat; dan HIMPSIKO sebagai sarana pertukaran informasi  komunikasi dengan himpunan atau setingkat LEM (Lembaga Eksekutif Mahasiswa) fakultas psikologi se-indonesia melalui afiliasi media sosial dan media komunikasi lainnya.

Terdapat sebuah kejutan kecil yang diberikan oleh teman-teman HIMPSIKO Binus kepada teman-teman HIMA Psikologi KM FK Unand. Mereka mengizinkan teman-teman HIMA Psikologi KM FK Unand untuk masuk ke kelas saat jam pelajaran berlangsung dan masuk ke ruang dosen psikologi Binus. Sambutan yang hangat diberikan oleh dosen dan teman-teman mahasiswa Binus. Selain itu teman-teman HIMA Psikologi KM FK Unand juga diizinkan melihat-lihat laboratorium mereka yang telah biasa digunakan untuk Assessment Service (baik Education Assessment, Industrial and Organizational Assessment dan Career Assessment), Counseling and Therapy Service serta Student Development.


Seluruh sistem perkuliahan di Binus telah memakai sistem online, baik bahan mata kuliah, tugas, nilai, dan lainnya sehingga mahasiswa dan dosen diberi kemudahan dalam belajar mengajar.  
 (Tri Indah Handayani)  


Comments

  1. Terima kasih atas kerjasama dan partisipasinya, teman-teman. Ini merupakan pengalaman yang berkesan, terlebih jika mengingat kembali proses dan usaha yang diberikan untuk dapat melaksanakan proker ini, meski dengan segala keterbatasan dan kendala. Semoga HIMA Prodi Psikologi FK Unand dapat semakin melebarkan sayapnya. Semoga kepengurusan berikutnya (khususnya departement eksternal) dapat lebih baik lagi. Sukses juga untuk BEM/HIMA, universitas-universitas yang menjadi tujuan tour external. Let's Flying with External for the Better Movement. :) -- Ocky Fajzar Suryani, Koordinator Departemen Eskternal Kabinet ACT periode tahun 2014-2015.

    ReplyDelete

Post a Comment