Psychology Competition, Jaring mahasiswa Berbakat dan Berprestasi

Bertujuan untuk menjaring mahasiswa berbakat dan berprestasi di lingkungan Psikologi Unand, Himpunan Mahasiswa Psikologi (Himapsi) Unand mengadakan acara bertajuk Psychology Competition. Acara yang dilangsungkan mulai 16-27 Februari ini, telah dibuka pada Senin, (16/2) kemarin bertempat di Aula Psikologi Fakultas Kedokteran Unand.


                Acara yang mengangkat tema “Psychology in Action” ini, ditujukan khusus untuk mahasiswa Psikologi Unand, dengan menggelar beberapa kompetisi. “Acara ini sendiri merupakan rekomendasi dari pihak Program Studi Psikologi, tujuan utamanya untuk melihat bakat  mahasiswa, tidak hanya pengetahuan saja”, ungkap Rahmiwati ketua panitia Psychology Competition. Acara ini merupakan dua proker berbeda dari Departemen Pendidikan dan Profesi Hima Psikologi Unand, namun dilaksanakan dalam satu waktu yang sama.
Terdapat beberapa rangkaian lomba dalam ajang ini, seperti Lomba Cepat Tepat (LCT), Esai Ilmiah, dan Debat. Dari semua perlombaan tersebut, terdapat satu ajang pemilihan bergengsi yang diadakan tiap tahunnya, yakni Best Psychology Student Award (BPSA). BPSA sendiri memiliki beberapa tahapan seperti tes pengetahuan umum, knowledge sharing, public speaking, dan penampilan bakat. Dari keseluruhan tahapan ini akan diseleksi dan terpilih nantinya mahasiswa terbaik di Psikologi Unand.
Koordinator bidang kemahasiswaan Prodi Psikologi Unand, Nelia Afriyeni, S.Psi M.A berharap melalui acara ini Psikologi menjadi lebih baik kedepannya, “Tidak hanya menjaring mahasiswa berprestasi, melalui acara ini semoga Psikologi lebih baik kedepannya” tuturnya.
Senada dengan hal ini Rahmiwati juga mengungkapkan hal serupa, “Harapannya acara ini sukses dan melahirkan bibit mahasiswa berprestasi. Juga untuk meningkatkan rasa kompetisi antar mahasiswa dan melahirkan mahasiswa Psikologi yang kreatif, inovatif serta produktif”, jelas mahasiswa angkatan 2013 ini.

Salah satu peserta, Sovia Sahrianti juga berharap acara ini berkelanjutan ditiap tahunnya,”Semoga acara ini dapat diselenggarakan tiap tahunnya sebagai langkah awal untuk mengikuti kompetisi-kompetisi lainnya diluar Psikologi,” ungkapnya.

Comments