Hallo teman teman
Kembali lagi dengan PSC~
Pernah ngga teman" melihat orang yang setiap saat mencuci tangan ataupun tidak membiarkan sedikit pun kotoran menempel ditubuhnya??  Nah kalau pernah, mungkin saja orang tersebut terindikasi mengidap OCD. Apa sih yang dinamakan dengan OCD itu?

Menurut Durand & Barlow (2006), obsesi diartikan sebagai pikiran atau impuls yang bersifat intrusive (menganggu) berulang-ulang yang dicoba untuk ditekan oleh subjek. Pada umumnya mereka menyadari bahwa pikiran mereka ini tidak realistis atau berlebihan, tetapi mereka merasa sulit untuk mengendalikannya.

Menurut Connolly, Simpson, & Petty (2006), obsesi umumnya meliputi masalah-masalah: kebersihan, kuman, atau adanya kontaminasi; melakukan sesuatu yang dapat melukai orang lain atau merusak objek tertentu; membuat kesalahan, dan lain sebagainya.
Terdapat beberapa kompulsi yang umumnya terlihat pada penderita OCD, yaitu: mencuci (misalnya: tangan, objek pribadi, rumah); mencek (misalnya: kunci, lampu monitor, tombol listrik); menyimpan atau menimbun barang (karena tidak mampu untuk membuangnya); mengulang gerakan tertentu secara berkali-kali; mencari ketenteraman; ketepatan atau presisi; menempatkan barang harus dalam posisi atau pola tertentu; dan berpikir tentang nomor-nomor, gambaran-gambaran, pikiran-pikiran, atau desain tertentu dalam pikirannya sendiri (Connolly, Simpson, & Petty, 2006).

Sampai jumpa di PSC selanjutnya!^^

Comments