[Psychology Study Corner]

Halo, teman-teman~! πŸŽ‰

Bertemu lagi dengan Psychology Study Corner.


Teman-teman tahu ga,
kalau karya di bidang psikologi yang terkenal itu ga cuma dari laki-laki, lho~

Berhubung kita baru aja bertemu sama hari Kartini, yuk kita bahas tokoh perempuan yang jasanya bahkan masih kita pakai dan tersebar luas sampai saat ini.


Ada yang tahu tes kepribadian MBTI? πŸ‘€✨


Tes kepribadian MBTI atau yang punya kepanjangan Myers–Briggs Type Indicator, merupakan psikotes yang dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang. Di dalam MBTI ada empat kontinum: Introversion-Extroversion, Intuition-Sensing, Thinking-Feeling, Judging-Perceiving, kemudian kombinasinya akan menghasilkan 16 kepribadian.

Perancang tes MBTI ini adalah duo ibu dan anak, Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers.

Awalnya Nyonya Briggs mencoba untuk membuat teori kepribadian sendiri. Namun ditengah percobaannya, ia menemukan suatu karya oleh C.G. Jung. Nyonga Briggs menyadari kalau teori mereka hampir mirip, bedanya punya Jung lebih sempurna.

Lalu apa yang Nyonya Briggs lakukan? Apakah ia menyerah?


Tentu tidak! πŸ˜ŽπŸ‘


Nyonya Briggs bertekad untuk membuat teori kepribadian oleh Jung menjadi suatu teori yang dapat dipahami dan mudah diterima oleh masyarakat. Dari tekad itulah tes MBTI lahir.

Selang beberapa waktu nyonya Briggs melakukan proyek, anaknya - Isabel - turut membantu ibunya untuk menyelesaikan tes ini.


Teman-teman mau tahu sesuatu yang mengejutkan?


Yang mengejutkan adalah duo ibu - anak ini mempelajari psikologi dengan otodidak. Mereka juga tidak bersekolah secara formal. Namun dengan tekad dan ketekunan, mereka berhasil menciptakan suatu karya Psikologi yang digunakan masyarakat luas, bahkan hingga saat ini.

✨✨✨

----------------------------

HIMA PRODI PSIKOLOGI KM FK UNAND
#KabinetDivergent
#DepartemenPendpro
2019/2020



Comments