[PSYCHOLOGY STUDY CORNER]

Perkembangan seseorang berkaitan dengan keturunan atau lingkungan ya? 🤨🧐
[Nature vs nurture]
====================
Hai👋🏻👋🏻👋🏻 teman2 kembali lagi dengan Psychology study corner
Kali ini kita akan bahas tentang nature vs nurture😲, nah kira-kira itu apa ya?🧐 Ayo kita bahas!
==================
Nature mengacu pada faktor keturunan dan pengaruh karakteristik yang diwariskan pada kepribadian👤, pertumbuhan👯🏻‍♂, kecerdasan🧠, keterampilan sosial,👥 dll sedangkan nurture mengacu pada pengaruh lingkungan pada sifat-sifat yang diwariskan termasuk gaya pengasuhan, status sosial ekonomi, lingkungan fisik, dll (circarelli,2015).

Menurut teman teman mana sih yang paling berpengaruh ?🤷🏻‍♀🤷🏻‍♂

Selain menggambarkan arah perkembangan pada manusia, teori nature vs nurture ini masih menjadi kontroversi😟, Para ahli teori yang menekankan stabilitas bahwa individu yang tinggi atau rendah dalam suatu karakteristik (seperti kemampuan verbal, kegelisahan, atau kemampuan bersosialisasi) akan tetap demikian pada usia-usia selanjutnya biasanya menekankan pentingnya faktor keturunan. Jika mereka menganggap lingkungan sebagai hal yang penting, mereka biasanya menunjuk pada pengalaman awal sebagai membangun seumur hidup pola perilaku (berk,2014).

Hal ini dapat kita simpulkan bahwa nature dan nurture itu adalah suatu faktor yang saling berkaitan💡. Kenapa? Karena semua hal yang berkaitan dengan perkembangan kita pasti akan menggunakan prinsip ini👌

Contohnya :
Ketika seorang anak yang lahir dari keluarga yang berasal dari Indonesia🇮🇩 yang tinggal di AS🇺🇸. Anak tersebut tumbuh dan berkembang di negara tersebut. Anak tersebut hanya bisa berbahasa inggris, ketika anak tersebut dibawa kembali ke Indonesia dengan cepat anak tersebut bisa berbahasa indonesia. Kenapa hal ini bisa terjadi ?🙄Nah dapat diambil kesimpulan bahwa lingkungan berpengaruh dalam proses adaptasi bahasa anak, selain lingkungan keterampilan sosial 🗣dan kecerdasan🧠 juga berperan penting dalam adaptasi bahasa anak tersebut. Kecerdasan yang di miliki oleh anak tersebut bisa di pengaruhi oleh gen👨‍👩‍👧 atau makanan🥛🍳.
----------------------------

HIMA PRODI PSIKOLOGI KM FK UNAND
#DepartemenPendpro
#KabinetDivergent
2019/2020


Comments